Wednesday, December 2, 2009

=Kenali virus & Cara musnahkan=

Assalamualaikum...


ANtaRA jeNIs VIrus:

Worm


Worm adalah jenis virus yang tidak menginfeksi program lainnya.
Ia membuat copy dirinya sendiri dan menginfeksi komputer lainnya (biasanya menggunakan hubungan jaringan) tetapi tidak mengkaitkan dirinya dengan program lainnya, akan tetapi sebuah worm dapat mengubah atau merusak file dan program.


Trojan


Trojan adalah replika atau duplikat virus. Trojan dimasukan sebagai virus karena sifat program yang tidak diinginkan dan bekerja dengan sendirinya pada sebuah computer. Sifat Trojan adalah mengkontrol computer secara otomatis. Misalnya computer yang dimasuki Trojan email. Trojan dimasukan dalam RATS (remote access trojans) dimana sebuah computer dikontrol oleh program tertentu, bahkan beberapa
Trojan difungsikan membuka computer agar dapat dimasuki oleh computer dan diaccess dari jauh.

CAra MErebaK:

Virus, Worm dan Trojan ini bisa masuk ke computer kita melalui media apa saja, bisa melalui internet yang merupakan jaringan komputer global, melalui jaringan local (seperti jaringan LAN di kantor kita), melalui CD/CDRW/DVD, maupun melalui flash disk temen yang menggunakan komputer kita.

Salah satu cara virus merebak adalah melalui pendrive. Ada beberapa cara virus merebak dari pendrive, antara caranya ialah:

  1. Melalui file Autorun.inf
  • Apabila file Autorun.inf berada dalam pendrive, dengan ketetapan asal windows (default setting), file autorun.inf akan dibaca bila pendrive dimasukkan kedalam port USB. Biasanya virus akan mempergunakan arahan “open = virus.exe” untuk mengaktifkan dirinya dalam file autorun.inf.
  • Sesetengah Antivirus tidak membuang file autorun.inf walaupun virus yang mempergunakan file autorun.inf itu dihapuskan. Oleh kerana file Autorun.inf tu masih wujud dalam pendrive atau drive/partition lain, menyebabkan timbul masalah yang mana drive tersebut tidak dapat diakses dengan ‘double click‘.




CAra MenBUanGnyA :

1. menggunakan anti virus yang sedia ada di pasaran. Beberapa antivirus yang boleh membuang dan menghilangkan virus adalah KasperSky, AVG, AntiVir, PCMAV, Norton, Norman, dan McAfee.
2. Selalu update antivirus Anda
3. Install spyware, trojan remover.
4. Ketika Anda memasukkan flashdisk, lakukan scan terlebih dlu sblm mengakses konten flashdisk tsb.
5. Kalau misal ada drive yang terinfeksi oleh trojan, jangan melakukan akses atau buka drive itu.
6. Untuk trojan yang berkeliaran di jaringan LAN, sebelum 'connect' ke LAN pastikan Anda sudah ‘memperkuat’ pertahanan antivirus komputer Anda



oleh itu, dinasihatkan kepada mereka yang mempunyai laptop atau komputer, sila pastikan harta anda selamat supaya mudah digunakan untuk sepanjang masa....

2 [kutuk][komen]:

Anonymous said...

wah..cikgu azizul,ini kelas tp ke??hehe..

akiko

Anonymous said...

cara nk menghapuskan virus yg kau ajar agak bodoh caranya.hahahaha

Post a Comment

| Top ↑ |